-->

Cara membuat task scheduler windows 10

Cara membuat task scheduler windows 10
Cara membuat task scheduler windows 10
, Penjadwal Tugas memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan banyak tugas di Windows 10, dan dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda langkah-langkah untuk membuat dan menjadwalkan tugas pertama Anda.

Di Windows 10, Task Scheduler adalah alat yang memungkinkan Anda membuat dan menjalankan hampir semua tugas secara otomatis. Biasanya, sistem dan aplikasi tertentu menggunakan penjadwal untuk mengotomatiskan tugas pemeliharaan (seperti defragmentasi disk, pembersihan disk, dan pembaruan), tetapi siapa pun dapat menggunakannya. Dengan pengalaman ini, Anda dapat memulai aplikasi, menjalankan perintah, dan menjalankan skrip pada hari dan waktu tertentu, atau Anda juga dapat memicu tugas saat peristiwa tertentu terjadi.

Penjadwal Tugas bekerja dengan mengawasi waktu dan acara di komputer Anda dan menjalankan tugas segera setelah kondisi terpenuhi.

Baik Anda mencoba menggunakan Penjadwal Tugas untuk menjalankan tugas pada waktu tertentu atau saat suatu peristiwa terjadi, Anda dapat membuat tugas setidaknya dalam dua cara berbeda menggunakan pengaturan dasar dan lanjutan.

Dalam panduan Windows 10 ini , kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk memulai pengalaman Penjadwal Tugas untuk mengotomatiskan tugas di perangkat Anda.

Cara membuat tugas menggunakan Task Scheduler di Windows 10

Untuk membuat tugas menggunakan pengaturan dasar di Windows 10, gunakan langkah-langkah ini:
  1. Buka Start .
  2. Cari Task Scheduler Library, dan klik hasil teratas untuk membuka pengalaman.
  3. Klik kanan cabang "Task Scheduler Library", dan pilih opsi New Folder.
  4. Ketikkan nama untuk folder tersebut. Misalnya, Tugas Saya. (Langkah ini bukan keharusan, tetapi merupakan langkah yang disarankan untuk memisahkan tugas Anda dari tugas sistem dan aplikasi.)
  5. Klik tombol OK.
  6. Perluas cabang "Perpustakaan Penjadwal Tugas", dan pilih folder MyTasks.
  7. Klik menu Action.
  8. Pilih opsi Creat New Task.
  9. Di bidang "Nama", buatlah nama deskripsi singkat untuk task tersebut. seperti, Notepad Launcher.
  10. (Opsional) Di kolom "Deskripsi", buat deskripsi yang menerangkan task/tugas tersebut.
  11. Klik tombol Next.
  12. Pilih opsi Bulanan / Monthly. Penjadwal Tugas memungkinkan Anda untuk memilih dari sejumlah pemicu, termasuk pada tanggal tertentu, selama permulaan, atau saat Anda atau pengguna tertentu masuk. Bergantung pada kebutuhan Anda, Anda perlu mengonfigurasi parameter tambahan. Dalam kasus ini, kami akan memilih opsi untuk menjalankan tugas setiap bulan.
  13. Klik tombol Next .
  14. Menggunakan pengaturan "Mulai", tentukan kapan tugas harus mulai berjalan dan waktu (sangat penting).
  15. Gunakan menu tarik-turun "Bulanan" ke bulan dalam setahun yang Anda inginkan untuk menjalankan tugas.
  16. Gunakan menu tarik-turun "Hari" atau "Aktif" untuk menentukan hari saat tugas akan dijalankan. Tip Cepat: Menggunakan pengaturan "Aktif" mungkin merupakan pilihan terbaik Anda jika Anda berencana menjalankan tugas pada hari tertentu dalam seminggu.
  17. Klik tombol Next.
  18. Pilih opsi Start Program untuk meluncurkan aplikasi, menjalankan perintah, atau menjalankan file skrip. Anda dapat memilih opsi Kirim email atau Tampilkan pesan, tetapi fitur ini sudah usang, yang berarti fitur tersebut mungkin berfungsi atau tidak karena Microsoft tidak lagi mengelolanya. Kirim email: Memicu pemberitahuan email dengan pesan khusus sesuai jadwal, tetapi perlu menentukan server email agar berfungsi. Tampilkan pesan: Memungkinkan untuk menampilkan pesan teks di layar sesuai jadwal.
  19. Di kolom "Program / script", tentukan jalur untuk aplikasi tersebut. Tip Cepat: Jika Anda tidak mengetahui jalur aplikasi, klik tombol Browse untuk menemukannya.
  20. (Opsional) Di kolom "Tambahkan argumen", Anda dapat menentukan argumen untuk menjalankan tugas dengan instruksi khusus.
  21. (Opsional) Di kolom "Mulai di", tentukan folder tempat program akan dimulai. (Biasanya, Anda dapat mengosongkan setelan ini.)
  22. Klik tombol Finish .
  23. Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, tugas akan disimpan, dan akan berjalan secara otomatis sesuai jadwal yang Anda tentukan.

Cara membuat tugas tingkat lanjut menggunakan Penjadwal Tugas

Untuk membuat tugas menggunakan pengaturan tingkat lanjut menggunakan Penjadwal Tugas Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:
  1. Buka Start .
  2. Cari Task Scheduler Library, klik hasil teratas untuk membuka pengalaman.
  3. Klik kanan cabang "Task Scheduler Library", dan pilih opsi New Folder.
  4. Ketikkan nama untuk folder tersebut. Misalnya, Tugas Saya. (Langkah ini bukan keharusan, tetapi merupakan langkah yang disarankan untuk memisahkan tugas Anda dari tugas sistem dan aplikasi.)
  5. Klik tombol OK.
  6. Perluas cabang "Perpustakaan Penjadwal Tugas", dan pilih folder MyTasks.
  7. Klik menu Action.
  8. Pilih opsi Buat Tugas.
  9. Di bidang "Nama", buatlah nama singkat deskripsi untuk tugas tersebut. Misalnya, Skrip Pertama PowerShell.
  10. Sedangkan di Di kolom "Deskripsi", anda bisa membuat deskripsi untuk task/tugas tersebut (opsional).
  11. Di bagian "Opsi keamanan", Anda dapat mengonfigurasi akun administrator mana yang dapat menjalankan tugas. Tip Cepat: Jika Anda menggunakan akun dengan hak administratif, pengguna default seharusnya baik-baik saja. Jika Anda menjalankan Command Prompt atau perintah PowerShell, Anda dapat memilih opsi Jalankan apakah pengguna masuk atau tidak untuk mencegah jendela perintah muncul saat tugas berjalan secara otomatis, karena kemungkinan menggunakan opsi Hidden tidak akan kerja.
  12. (Opsional) Jika tugas memerlukan hak istimewa yang lebih tinggi, centang opsi Jalankan dengan hak istimewa tertinggi .
  13. Pengaturan "Konfigurasi untuk" harus dibiarkan kecuali Anda diharuskan menggunakan opsi kompatibilitas yang berbeda.
  14. Klik tab Pemicu.
  15. Klik tombol Baru.
  16. Gunakan menu tarik-turun "Mulai tugas" untuk memilih salah satu dari banyak pemicu, termasuk "Sesuai jadwal", "Saat memulai", "Saat membuka kunci stasiun kerja", dan banyak lagi lainnya. Untuk panduan ini, pilih opsi Sesuai jadwal.
  17. Menggunakan pengaturan "Mulai", tentukan kapan tugas harus mulai berjalan dan waktu (sangat penting).
  18. Pilih opsi Bulanan dari sisi kiri.
  19. Gunakan menu tarik-turun "Bulan" untuk memilih bulan saat tugas akan dijalankan.
  20. Gunakan menu tarik-turun "Hari" atau "Aktif" untuk menentukan hari saat tugas akan dijalankan.
  21. (Opsional) Di bagian "Setelan lanjutan", Anda dapat memilih opsi untuk menunda, mengulangi, menghentikan, dan mengakhiri tugas. Pilihan Enabled dicentang secara default. (Biasanya, Anda tidak ingin mengubah pengaturan ini kecuali jika diperlukan.)
  22. Klik tombol OK.
  23. Klik tab Action.
  24. Klik tombol New.
  25. Gunakan menu drop-down "Action" dan pilih opsi Start a program. Anda masih dapat menggunakan opsi Kirim email atau Tampilkan pesan , tetapi ini adalah fitur yang sudah usang, yang berarti bahwa mereka mungkin atau mungkin tidak berfungsi karena Microsoft tidak lagi memelihara mereka.
  26. Di bawah bagian "Setelan", di bidang "Program / skrip", tentukan jalur untuk aplikasi tersebut. Sebagai contoh: powershell.exe. Tip Cepat: Jika Anda tidak mengetahui jalur aplikasi, klik tombol Browse untuk menemukannya. Selain itu, jika itu adalah aplikasi yang dikenal seperti PowerShell atau Command Prompt, Anda hanya perlu menentukan nama filenya.
  27. (Opsional) Di kolom "Tambahkan argumen", Anda dapat menentukan argumen untuk menjalankan tugas dengan instruksi khusus. Sebagai contoh: -NoExit -ExecutionPolicy Bypass C:\PATH\TO\SCRIPT\first_script.ps1. Menggunakan perintah "powershell.exe" dan argumen di atas, itu akan menjalankan skrip bernama "first_script.ps1." Argumen "-ExecutionPolicy Bypass" memastikan bahwa skrip berjalan dengan sukses, dan argumen "-NoExit" akan mencegah jendela ditutup setelah skrip dijalankan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang membuat skrip PowerShell dalam panduan ini .
  28. (Opsional) Di kolom "Mulai di", tentukan folder tempat program akan dimulai. (Biasanya, Anda dapat mengosongkan setelan ini.)
  29. Klik tombol OK.
  30. Klik tab Conditions.
  31. (Opsional) Tab "Ketentuan" menyertakan setelan yang bekerja bersama dengan setelan "Pemicu" untuk menentukan kapan tugas harus dijalankan. (Jika Anda membuat tugas sederhana, Anda tidak perlu mengubah pengaturan ini. Namun, Anda ingin memastikan pengaturan Daya dikonfigurasi untuk kebutuhan Anda.)
  32. Klik tombol OK .
  33. Klik Setting App .
  34. (Opsional) Aplikasi "Pengaturan" menyertakan opsi tambahan yang secara langsung akan memengaruhi perilaku tugas. Ini bukan keharusan untuk mengubah pengaturan ini, tetapi ada baiknya untuk memeriksa opsi berikut: - Jalankan tugas sesegera mungkin setelah jadwal awal terlewat. - Jika tugas gagal, mulai ulang setiap. (Gunakan opsi ini dengan pilihan default.)
  35. Klik tombol OK.
Setelah menyelesaikan langkah-langkah, autentikasi dengan kredensial akun Anda, dan kemudian tugas akan berjalan secara otomatis sesuai jadwal atau acara menggunakan pengaturan yang ditentukan.

Cara menjalankan, mengedit, dan menghapus tugas menggunakan Task Scheduler

Setelah Anda membuat tugas, Anda dapat menggunakan langkah-langkah ini untuk melihat, keluar, atau menjalankannya sesuai permintaan:
  1. Buka Start .
  2. Cari Task Scheduler, klik hasil teratas untuk membuka pengalaman.
  3. Perluas cabang Task Scheduler Library.
  4. Pilih folder dengan tugas Anda.
  5. Untuk menjalankan tugas sesuai permintaan, klik kanan dan pilih opsi Run .
  6. Untuk mengedit task/tugas di windows 10, silahkan klik kanan dan pilih opsi Properties .
  7. Untuk menghapus tugas, klik kanan dan pilih opsi Delete.
Di halaman tersebut, Anda juga dapat melihat semua tugas Anda dengan informasi, seperti pemicu, kapan tugas berjalan terakhir dan kapan tugas akan dijalankan di lain waktu.

Alternatifnya, Anda selalu dapat memilih tugas, dan menggunakan panel Tindakan di sebelah kanan untuk melakukan tindakan dengan cepat, seperti menjalankan, mengakhiri, menonaktifkan, dan mengedit pekerjaan.
Sementara kami memfokuskan panduan ini pada Windows 10, Penjadwal Tugas telah ada sejak lama, yang berarti Anda dapat menggunakan instruksi yang sama pada Windows 8.1, Windows 7, dan versi yang lebih lama.

Sumber: windowscentral.com

ARTIKEL KOMPUTER LAINNYA

1 Komentar untuk "Cara membuat task scheduler windows 10"

  1. Partner Game Online Yang Paling Aman Dan Terpercaya APOLO4D.
    Bonus New Member 100%
    Bonus Deposit Harian 10%
    Bonus Rollingan Mingguan 0.8%
    Deposit Pulsa & E-Wallet Tanpa Potongan

    DAFTAR SEKARANG :

    LINK : Apolo4d.info
    WA : +62-812-6306-5676

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel